Senin, 09 November 2015

Medical Bedah

Kelebihan dan Kelemahan Operasi Mata LASIK – Operasi mata LASIK adalah salah satu pendatang terbaru dalam prosedur perbaikan penglihatan yang cepat mendapatkan popularitas. Baca terus untuk mengetahui lebih banyak tentang kelebihan dan kelemahan dari operasi mata ini.
Operasi mata LASIK atau laser-assisted in-situ keratomileusis adalah prosedur pembedahan yang menggunakan laser untuk koreksi penglihatan. Prosedur ini bertujuan untuk memperbaiki kesalahan bias, dengan membentuk kembali kornea. Dengan operasi ini, cahaya yang jatuh pada kornea dapat benar-benar fokus pada retina. Ini menghilangkan kebutuhan kacamata atau lensa kontak dan meningkatkan penglihatan untuk sebagian besar.
Selama operasi, tetes mata digunakan untuk mematirasakan mata. Kornea diperbaiki menggunakan semacam cincin hisap. Selaput tipis, bulat, dan mengganjal dipotong dari lapisan luar kornea, menggunakan perangkat khusus. Lipatan kornea ini tidak dihapus seluruhnya, namun ditarik kembali sehingga ahli bedah dapat bekerja pada jaringan yang terletak di bawahnya. Langkah berikutnya adalah untuk membentuk kembali jaringan kornea yang mendasarinya, sesuai kebutuhan pasien. Pola membentuk kembali kornea dapat bervariasi dari satu pasien ke pasien lain, sesuai dengan masalah penglihatan yang mendasarinya. Setelah membentuk kembali dilakukan dengan laser, penutup kornea direposisi dan dibiarkan untuk menyembuhkan sendiri. Tidak ada jahitan wajib setelah operasi ini. Meskipun operasi ini sangat populer sebagai salah satu prosedur perbaikan penglihatan yang efektif, beberapa individu dapat mengalami efek samping tertentu dan komplikasi. Sehingga disarankan untuk mengevaluasi kelebihan dan kelemahan operasi mata LASIK sebelum memilih prosedur ini.

KEUNTUNGAN OPERASI MATA LASIK
Seperti pengobatan bedah lainnya, operasi mata LASIK juga membawa risiko dan komplikasi sendiri. Survei terbaru menunjukkan bahwa sekitar 90% dari pasien puas dengan hasil operasi. Namun, prosedur ini tidak sepenuhnya bebas risiko. Pertama-tama, mari kita lihat keuntungan dari operasi mata LASIK.
Koreksi Penglihatan : Prosedur bedah sangat efektif dalam mengoreksi kesalahan bias seperti, miopia (rabun dekat) dan hyperopia (rabun jauh). Sebagian besar pasien yang telah menjalani operasi puas dengan hasilnya.
Prosedur Rawat Jalan : Prosedur bedah rawat jalan, operasi mata LASIK memakan waktu sekitar 10 sampai 15 menit untuk setiap mata. Prosedur ini dapat dilakukan pada kedua mata pada sesi yang sama, atau pada hari yang berbeda.
Minimal Rasa Sakit : Operasi ini dikaitkan dengan rasa sakit yang minimal dan ketidaknyamanan. Sementara anestesi diberikan dalam bentuk tetes mata, obat-obatan juga dapat digunakan pasien untuk bersantai selama prosedur operasi. Operasi ini tidak melibatkan jahitan.
Hasil Cepat : Keuntungan lain adalah penyembuhan cepat, pemulihan cepat, dan hasil yang baik. Dalam kebanyakan kasus, mata akan kembali stabil dalam beberapa hari. Hasil langsung dapat terlihat pada pasien dengan masalah penglihatan ringan.
Satu Kali Bedah : Biasanya, operasi ini dilakukan hanya satu kali, yang hampir tanpa rasa sakit dan dilakukan dalam hitungan menit. Namun, dengan bertambahnya usia, beberapa orang mungkin masih membutuhkan kacamata baca. Dalam hal itu, mereka mungkin memilih untuk operasi lain untuk perbaikan penglihatan.
Tidak Ada Lagi Kacamata atau Lensa Kontak : Operasi mata LASIK bisa menjadi keuntungan bagi mereka, yang alergi terhadap lensa kontak dan mereka yang ingin menyingkirkan kacamata. Prosedur ini sangat bermanfaat bagi profesi yang tidak memperbolehkan berkacamata atau memakai lensa kontak.

KELEMAHAN OPERASI MATA LASIK
Hasil buruk : Meskipun prosedur ini dikatakan sangat efektif, beberapa orang mungkin tidak mengalami peningkatan yang cukup, bahkan setelah menjalani operasi. Hal ini juga berpendapat bahwa hasil yang baik hanya untuk pasien yang memiliki masalah mata ringan atau sedang dan bukan untuk mereka yang memiliki masalah mata parah dan sudah lama.
Efek Samping : Dalam kasus operasi mata LASIK, dapat menimbulkan efek samping yang tidak biasa. Sementara beberapa dapat mengalami mata melotot, adanya lingkaran cahaya, dan penglihatan ganda, masalah dengan penglihatan pada malam hari juga banyak ditemukan. Sebagian besar pasien mungkin mengalami mata kering selama beberapa bulan setelah operasi, tapi untuk beberapa, sindrom mata kering yang parah dapat bertahan lebih lama dan membutuhkan perawatan. Efek samping lain termasuk kelebihan koreksi, kekurangan koreksi, induksi silindris, sensitivitas cahaya, dll.
Komplikasi : Pembedahan ini dapat menyebabkan komplikasi, seperti infeksi kornea, perpindahan atau lipatan di penutup kornea, lipatan terselip, perdarahan Subconjunctival dan penipisan kornea juga dialami oleh beberapa orang.
Bedah Koreksi : Dalam beberapa kasus, operasi lain mungkin diperlukan baik untuk meningkatkan hasil atau untuk memperbaiki masalah yang ditimbulkan oleh operasi sebelumnya. Sementara kekurangan koreksi diperbaiki dengan operasi kedua, kelebihan koreksi sering diperbaiki dengan lensa kontak atau kacamata.
Kacamata atau Lensa : Kebebasan dari kacamata atau lensa dikatakan menjadi keuntungan tambahan dari operasi mata LASIK. Namun dalam beberapa kasus, kacamata atau lensa mungkin diperlukan, bahkan setelah operasi.
Kerugian Pada Mata atau  Kerusakan Ireversibel : Operasi mata LASIK melibatkan pembentukan jaringan kornea. Dalam beberapa kasus tertentu yang jarang, kehilangan penglihatan atau kerusakan permanen mungkin terjadi, sebagai akibat dari prosedur ini. Operasi dan pengobatan lebih lanjut kadang dapat memperbaiki kerusakan.
Biaya tinggi : Operasi mata LASIK membutuhkan biaya mahal dan sebagian besar perusahaan asuransi tidak mencakup prosedur ini.

Nama : Eka Harmuni
Email : ekaharmuny420@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar